Mei 24, 2024

Install Anaconda Python Untuk Jupyter Notebook

installasi jupyter notebook untuk python menggunakan anaconda python di windows.

Ini judulnya bisa bikin pusing. Ada nama ular, lalu seperti nama planet, walau tampak itu seperti ada typo-nya. Bagi yang sedang menggeluti data analyst, istilah python dan jupyter mungkin sudah tidak aneh. Tapi bagi kebanyakan orang, bisa bergumam, “ini apa, sih?”

Python
Python adalah bahasa pemrograman yang makin populer belakangan ini karena “kemudahan”nya dalam membuat perintah, terutama berkaitan dengan pengolahan data. Sengaja kata kemudahan diatas ini diberikan tanda petik, karena bagi sebagian orang, itu malah bukan kemudahan tetapi justru menjadi keruwetan tersendiri.

Biar nggak ruwet, ya, tentunya harus belajar. Karena menggunakan python ternyata perlu mind set yang berbeda dalam membuat perintah, dibandingkan yang sudah terbiasa menggunakan bahasa pemrograman populer lainnya, seperti PHP, atau React.

Anaconda Python

Anaconda, yang aslinya nama ular juga, kali ini adalah sebuah sebuah paket untuk memudahkan instalasi python. Dengan bantuan anaconda, python bisa terinstall dengan mudah bahkan sudah termasuk dengan segala library-librarynya yang diperlukan.

Jupyter Notebook

Lalu apa kaitannya dengan planet Jupyter? Nah, Jupyter Notebook ini adalah satu aplikasi berbasis web, yang menjadi IDE (lingkungan yang memadai untuk penulisan bahasa pemrograman) untuk penulisan program dalam bahasa python. Pokoknya, mudahnya, dengan bantuan Jupyter Notebook, menulis program python menjadi mudah, juga dalam memahami langkah-langkahnya. Bahkan, walau mungkin berlebihan, bisa dikatakan bahwa dengan jupyter notebook, menulis program python menjadi seperti menulis artikel, yang bahasa manusia-nya menjadi yang utama, dan bukan cuma komentar diantara baris-baris kode program.

Pembahasan bahasa pythonnya sendiri akan terpisah dari tulisan ini. Tetapi di tulisan ini akan difokuskan kepada bagaimana caranya installasi di komputer berbasis windows.