April 28, 2024

Perjalanan Portal Lingkungan Hidup Terranet

terranet adalah sebuah situs yang menyajikan informasi lingkungan hidup. Dibangun oleh LEAD indonesia dan Yayasan Pembanguan Berkelanjutan (YPB).

Layanan Terranet #1 TerraKlipping

Pada awalnya Terranet menyajikan kumpulan berita-berita terkait lingkungan hidup. Semula hanya berupa judul dan link saja ke berita dari media-media yang sudah eksis di Internet. Dengan hadir ke halaman Terranet, pemirsa bisa langsung mendapatkan berbagai informasi lingkungan hidup dari berbagai sumber, yang pada umumnya dari media-media yang sudah tampil di internet.

Layanan Terranet #2 TerraMilis

Kemudian berita-berita itu semacam kliping per tema. Kemudian dikirimkan via email. Agar pengiriman mudah dilakukan, maka dibuatkan mailing-list (milis), Saat itu, milis merupakan sarana yang paling pas dan ramai untuk berkomunikasi antar sesama.

Di gambar berikut ini tampak sejumlah tema yang disediakan oleh Terranet.

Layanan Terranet #3 TerraPooling

Terranet juga menyediakan sarana poling. Dikelola oleh admin Terranet.

Layanan Terranet #4 TerraKonferensi

YPB memiliki fasilitas yang tergolong luar biasa saat itu. Kalau dibandingkan sekarang, dengan adanya Zoom, mungkin jadi sudah tidak aneh lagi. Kalau itu, bisa melakukan konferensi melalui internet sudah sesuatu yang wah, yang hanya bisa dimiliki perusahaan-perusahaan besar.

Fasilitas telekonferensi secara online ini dimiliki oleh LEAD Internasional, namun setiap program LEAD nasional boleh menggunakannya. Dengan sarana ini, LEAD Indonesia sebagai induk terranet dapat memanfaatkannya.

Layanan Terranet #5 Terradirektori

Saat itu, untuk menemukan lembaga-lembaga yang terkait lingkungan hidup sulit untuk ditemukan. Internet belum seluas sekarang yang bisa dengan mudah diakses dan informasi lembaga-lembagapun banyak. Kala itu, merasa perlu untuk memuatkan lembaga-lembaga terkait lingkungan hidup di website, sehingga bagi pihak-pihak yang memerlukannya dapat dengan mudah menemukan jawabannya.

TerraDirektori dilengkapi oleh Admin Terranet dengan bahan dari berbagai sumber, termasuk mitra-mitra YPB dan LEAD Indonesia.

Layanan Terranet #6 TerraMitra

Ini merupakan layanan yang menjadi sebab Terranet sebagai Portal. Terranet menyediakan template website dan bisa digunakan oleh mitra-mitra Terranet, bahkan dengan domain sendiri, secara cuma-cuma.

Setiap mitra secara otomatis akan memiliki satu website organisasi mitra tersebut. Dan kontennya dapat diisi oleh masing-masing mitra. Yang menarik adalah, semua konten mitra ini akan juga tersaling di website Terranet.

Ada sejumlah mitra yang aktif saat itu, dan yang paling aktif saat itu adalah Ecoton.