April 29, 2024

Install Squid Proxy Server di Ubuntu

Penjelasan mengenai cara install proxy server menggunakan squid di sistem ubuntu.

Proxy server disiapkan untuk menghemat saluran koneksi internet dari jaringan dalam ke jaringan luar. Sebagai ilustrasinya begini, di sebuah kantor terdapat jaringan lokal. Katakan terdapat 20 unit komputer yang terkoneksi di dalam jaringan. Dan masing-masing diberikan akses ke internet. Server di kantor tersebut terhubung ke provider internet pada sebuah saluran yang ukurannya dibatasi.

Bila saja pada jam kantor semua pengguna komputer melakukan akses ke internet, maka saluran yang terbatas itu akan menjadi penuh sesak. Padahal mungkin informasi yang ingin diperoleh berasal dari server yang sama. Nah untuk menghemat saluran, maka disiapkan proxy server.

Setiap unit komputer ini akan mengakses internet diarahkan terlebih dahulu ke proxy server. Bila di proxy server sudah terdapat informasi yang diinginkan, maka pengguna itu akan diberikan informasi yang sudah tersedia itu, sehingga tidak perlu mengakses ke server tujuan. Namun bila ternyata informasi yang diinginkan belum ada di proxy server, atau usia informasi yang ada di proxy server sudah dianggap kadaluarsa (ada batas usia yang diatur), maka proxy akan mengambil informasi dimaksud dari server tujuan, lalu disimpan dan dikirimkan ke komputer pengguna.

Dengan demikian, maka saluran internet dari kantor ke provider menjadi tersaring dan ini bisa menghemat waktu pengguna untuk memperoleh informasi serta mengurangi beban saluran yang tersedia.

Squid Proxy Server

Salah satu aplikasi proxy server untuk server Ubuntu adalah Squid. Untuk melakukan instalasi Squid di Ubuntu, bisa dilakukan dengan memberikan perintah:
apt-get install squid

Setelah terinstall perlu dilakukan configurasi, agar squid dapat berfungsi sebagaimana yang diinginkan. Informasi konfigurasi disimpan di file:
/etc/squid/squid.conf

Informasi minimal yang harus dimuatkan di file konfigurasi adalah:

  • siapa yang boleh mengakses proxy server
  • port yang digunakan

Berikut ini adalah contoh isi file configurasi yang dimaksudkan dapat diakses oleh semua pengguna internet:
acl all src 0.0.0.0/0
http_access allow all

http_port 3128

Untuk penggunaan proxy terbatas bagi internal jaringan, bisa diberikan configurasi sebagai berikut:

acl lan1 src 192.168.0.0/16
http_access allow lan1

http_port 3128

Untuk menghidupkan squid, atau memberlakukan configurasi yang baru diubah, gunakan perintah:
service squid restart

Demikian penjelasan untuk instalasi squid dan pemuatan informasi configurasinya. Semoga bermanfaat.