April 27, 2024

Bagaimana Ikut Vote Putri Ariani Dari Indonesia?

Bagaimana caranya ikut memberikan vote untuk Putri Ariani di ajang AGT 2023 dari Indonesia? Ada beberapa cara, salah satunya melalui proxy server.

Putri Ariani akan tampil lagi hari Selasa 26 September waktu setempat, atau Rabu 27 September pagi waktu Indonesia bagian barat. Dan tentu banyak sekali warga Indonesia yang ingin mendukung Putri dengan memberkan vote. Namun ini ternyata tidak mudah, karena vote di ajang AGT hanya diperkenankan bagi warga Amerika Serikan dan Puerto Rico.

Secara teknis, pembatasan ini dilakukan dengan hanya mengizinkan pengguna internet yang memiliki IP Address dengan domisili di Amerika Serikat. Bisakah pembatasan ini disiasati? Tentu saja bisa. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. pergi ke Amerika Serikat, lalu memberikan vote disana.
    • Ya, ini sih nggak lucu, ya? cuma buat vote saja harus pergi ke Amerika Serikat, belum waktunya, juga ongkosnya.
  2. menggunakan VPN
    • VPN sejatinya bukanlah alat yang dibuat untuk mengalihkan IP pengguna. Sesungguhnya VPN adalah semacam kanal komunikasi yang privat sehingga tidak bisa tercampur dengan percakapan kebanyakan orang di internet. Biasanya VPN digunakan untuk komputer yang berada di luar jaringan lokal, sehingga seperti berada di dalam jaringan lokal.
    • Dengan menggunakan kanal VPN ini memungkinkan pengguna seolah-olah berada di suatu tempat dimana server VPN itu berada. Jadi, dalam kasus memberikan vote AGT, dengan menggunakan server VPN yang berada di Amerika Serikat, maka pengguna akan dianggap sebagai pengguna di Amerika Serikat, sehingga diizinkan untuk memberika vote.
    • Tapi menggunakan VPN juga tidak mudah, karena harus menginstall terlebih dahulu VPN Client di komputer atau perangkat HP terlebih dahulu. Kemudian menghubungkannya dengan VPN server yang diinginkan. terlalu ribet bagi pengguna awam untuk melakukan instalasi dan memilih VPN server. Apalagi kebanyakan VPN server baru dapat digunakan setelah melakukan pembayaran.
  3. Menggunakan Proxy Server
    • Proxy server awalnya dirancang untuk menghemat saluran koneksi internet dari jaringan dalam ke jaringan luar. Sebagai ilustrasinya begini, di sebuah kantor terdapat jaringan lokal. Katakan terdapat 20 unit komputer yang terkoneksi di dalam jaringan. Dan masing-masing diberikan akses ke internet. Server di kantor tersebut terhubung ke provider internet pada sebuah saluran yang ukurannya dibatasi.
    • Bila saja pada jam kantor semua pengguna komputer melakukan akses ke internet, maka saluran yang terbatas itu akan menjadi penuh sesak. Padahal mungkin informasi yang ingin diperoleh berasal dari server yang sama. Nah untuk menghemat saluran, maka disiapkan proxy server.
    • Setiap unit komputer ini akan mengakses internet diarahkan terlebih dahulu ke proxy server. Bila di proxy server sudah terdapat informasi yang diinginkan, maka pengguna itu akan diberikan informasi yang sudah tersedia itu, sehingga tidak perlu mengakses ke server tujuan. Namun bila ternyata informasi yang diinginkan belum ada di proxy server, atau usia informasi yang ada di proxy server sudah dianggap kadaluarsa (ada batas usia yang diatur), maka proxy akan mengambil informasi dimaksud dari server tujuan, lalu disimpan dan dikirimkan ke komputer pengguna.
    • Dengan demikian, maka saluran internet dari kantor ke provider menjadi tersaring dan ini bisa menghemat waktu pengguna untuk memperoleh informasi serta mengurangi beban saluran yang tersedia.

Lalu bagaimana caranya untuk menggunakan Proxy Server?

  1. langkah pertama temukan dulu proxy server yang akan digunakan. The Codanalyst menyediakan proxy server khusus untuk periode Vote AGT Putri saja. Di luar itu, proxy server dimatikan.
  2. Ubah setting di komputer atau di HP, agar koneksi browsernya menggunakan proxy server dimaksud. Untuk ikut vote Putri di AGT, bisa pakai proxy server putri.eri.or.id dengan port 3128.

Bagaimana untuk vote Putri dengan Proxy Server?

Untuk vote menggunakan proxy server hanya bisa dilakukan melalui halaman website nbc.com/agtvote.

Bisakah membuat proxy server sendiri?

ya, tentu saja bisa. untuk instalasinya, silahkan simak di tulisan berikutnya: Install proxy server.