Photo jaman sekarang memang resolusinya tinggi untuk mengakomodasi kualitas gambar yang baik. Namun resolusi tinggi ini akan berakibat besarnya ukuran file. Saat file photo dibuka di sesama perangkat, tentu semuanya akan baik-baik saja, tetapi ketika photo harus dibuka melewati saluran internet, maka file yang berukuran besar itu membutuhkan waktu untuk dapat sampai di layar pemirsanya.

Bila website memuat photo dalam ukuran besar, maka ada dua cara yang bisa dilakukan agar photo dapat tampil cepat di layar pemirsa, yaitu pertama ukuran filenya dikecilnya terlebih dahulu sebelum dimuatkan di webserver, kedua gunakan setelan di perangkat webserver agar secara otomatis ukuran photo dikecilkan.

Perangkat webserver Nginx memiliki fitur meringkas ukuran photo. Perlu dipahami, dengan meringkas ukuran photo ini maka kualitas photo akan berkurang. Dengan begitu, maka photo akan tampil cepat di layar pemirsa.

Apakah menurunnya kualitas photo akan mempengaruhi kualitas gambar itu sendiri? Secara teknis ya, tetapi bila photo dilihat pada ukuran layar mungil, maka penurunan ini tidak akan tampak secara nyata.

Berikut ini adalah setelan yang harus dilakukan di perangkat webserver Nginx untuk secara otomatis menurunkan ukuran file photo saat diakses oleh pemirsa.

Caranya adalah seperti ini:

Buka file configurasi website di nginx, lalu tambahkan perintah berikut ini:

location / {
...bla..bla..bla

image_filter_jpeg_quality 60;
image_filter_buffer 80M;
}

Perintah tersebut akan mengurangi kualitas gambar hingga 60% guna mengurangi ukuran file gambar itu sendiri.

selamat mencoba.

Catatan, sumber informasinya didapat dari halaman ini.

Last modified: July 17, 2020

Author